-->

15 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan Biar Kamu Gak Salah Arah

Revolusi industri 4.0 bisa dibilang mulai mengalami perkembangan signifikan saat ini. Revolusi tersebut memungkinkan adanya perubahan dan peralihan segala bentuk pekerjaan untuk dilakukan oleh teknologi yang telah ada atau dengan kata lain, pekerjaan diserahkan kepada mesin atau robot. Kondisi itu menyebabkan banyak pekerjaan yang kemungkinan besar dapat hilang karena telah dapat dilakukan oleh sistem atau mesin. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pasti akan dialami banyak orang karena revolusi ini. Oleh karena itu, akan dijelaskan beberapa pekerjaan yang kemungkinan akan hilang di masa depan sehingga kita dapat mengetahui pekerjaan atau konsentrasi pendidikan yang ambil. Berikut penjelasannya.

1.       Penerjemah
Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang sedang mengembangkan alat penerjemah secara langsung melalui earphone sehingga proses penerjemahan dapat langsung dilakukan tanpa dibantu oleh penerjemah.

2.       Buruh Pabrik
Teknologi masa kini telah memerlihatkan bagaimana pabrik-pabrik telah melakukan mekanisasi pada setiap pekerjaan yang ada dalam aktivitas pabrik sehingga tugas-tugas yang biasanya dikerjakan oleh buruh dapat tergantikan.

3.       Teller Bank
Sistem yang ada saat ini, yaitu ATM telah menggantikan sebagian besar pekerjaan dari Teller sehingga bukan tidak mungkin dalam waktu yang tidak lama, pekerjaan ini telah diambil sepenuhnya oleh ATM. Selain itu, ATM juga dikembangkan terus-menerus agar dapat bekerja secara cepat dan efisien.

4.       Tukang parkir
Bisa dilihat di mal-mal yang ada di kota-kota bahwa mal-mal telah melakukan digitalisasi untuk urusan parkir pengunjung sehingga urusan tersebut akhirnya dilakukan oleh parkiran otomatis yang terintegrasi oleh sistem mal itu sendiri. Karena itu, pekerjaan ini termasuk yang akan hilang di masa depan nanti.

5.       Loper Koran
Media-media massa seperti koran, kini telah mulai beralih ke arah media elektronik yang tidak memerlukan kertas atau koran yang berbentuk secara fisik dalam pembuatannya. Jadi, loper koran kemungkinan besar tidak akan dibutuhkan lagi di masa depan.

6.       Pustakawan

Sistem yang ada di perpustakaan-perpustakaan telah mampu untuk melakukan tugas-tugas kepustakawanan. Selain itu, penggunaan e-book sekarang jauh lebih efisien sehingga buku-buku yang berbentuk fisik mulai ditinggalkan dikarenakan berbagai faktor.

7.       Percetakan

Di masa depan, penggunaan kertas akan dikurangi untuk mendukung dari pelestarian pohon-pohon. Selain itu, setiap orang mengalami perkembangan pesat. Selain itu, teknologi terkini juga mampu mencetak barang-barang tiga dimensi sehingga percetakan mungkin akan segera tergantikan dengan teknologi printer digital

8.       Sopir
Saat ini sudah banyak kendaraan-kendaraan dengan konsep autonomous driving atau sering disebut kendaraan otonom. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan teknologi yang mencoba untuk mengembangkan teknologi kendaraan otonom ini sehingga profesi sopir mungkin lama-kelamaan akan menghilang di masa depan.

9.       Penjaga pintu tol
Sekarang pintu-pintu tol di berbagai negara, termasuk Indonesia telah dilengkapi dengan sensor yang serba otomatis. Hal tersebut membuat banyak orang yang dulu bekerja menjadi penjaga pintu tol menjadi tergantikan oleh mesin tersebut.

10.   Kasir
Sama halnya dengan profesi penjaga pintu tol, profesi kasir juga sekarang mulai tergantikan oleh mesin yang bekerja lebih cepat dan efisien. Mesin-mesin kasir yang dulunya diperlukan bantuan operator untuk menjalankannya berkembang menjadi mesin otomatis yang berkekuatan Artificial Intelligence (AI).

11.   Pengantar Pos
Pos dulu adalah sarana komunikasi yang paling banyak digunakan. Hampir semua perusahaan pasti menggunakan surat yang dikirim melalui pos sebagai komunikasi dan interaksi mereka terhadap pelanggan dan client mereka. Akan tetapi, kini pos sudah mulai tergeser dengan e-mail, telepon seluler, dan sosial media sehingga profesi pengantar pos pasti akan menghilang seiring berjalannya waktu.

12.   Kuli Bangunan
Robot-robot yang dikembangkan saat ini telah mencapai pada tahap yang sangat cerdas. Robot mulai dapat melakukan tugas-tugas yang biasa dikerjakan manusia, tidak terkecuali dalam bidang bangunan dan arsitektur. Banyak penelitian dan pengembangan yang ingin menciptakan robot yang mampu untuk membuat bangunan untuk manusia. Pada kenyataanya, keinginan ini bisa dibilang telah terwujud dengan dibuatnya robot bernama

13.   Wasit
Teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah menciptakan dunia baru dalam hal perwasitan di cabang olahraga sepakbola di dunia. Teknologi tersebut memungkinkan sistem untuk mendeteksi atau merekam kejadian-kejadian dalam pertandingan yang tidak dilihat oleh wasit. Dengan adanya VAR tersebut, wasit menjadi terbantu. Meskipun demikian, teknologi tersebut mungkin akan dikembangkan lebih lanjut sehingga dalam pertandingan mungkin hanya butuh satu wasit untuk memimpin jalannya pertandingan. Selebihnya, sistemlah yang melaksanakan tugas-tugas asisten wasit.

14.   Agen Travel Konvensional
Startup yang menawarkan paket liburan sudah sangat banyak bermunculan di internet. Paket liburan yang ditawarkan juga sangat bervariasi dengan harga yang sama-sama bersaing. Hal itu membuat agen-agen travel konvensional yang tidak beralih ke jalan online marketing menjadi perlahan tersingkirkan oleh startup-startup baru tersebut.

15.   Akuntan
Akuntan bisa dibilang merupakan profesi yang diinginkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan tingginya jumlah peminat dari jurusan akuntan yang pasti menempati jurusan dengan peminat tertinggi di banyak universitas. Animo tersebut tidak terlepas dari prospek kerja dari pekerjaan akuntan yang memang luas. Namun, sistem yang sekarang telah dibuat, mampu untuk melakukan beberapa pekerjaan akuntan, seperti pembukuan. Jadi, bukan tidak mungkin di masa depan pekerjaan akuntan akan seluruhnya diambil oleh sistem.

Itu tadi adalah rangkuman 15 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan. Apabila adalah kesalahan dalam penulisan, penulis mohon maaf setulus-tulusnya. Kritik dan saran, penulis butuhkan untuk perkembangan dari tulisan yang penulis buat.

Related Posts

1 comment

  1. Moga aja sepanjang umur kita ga ada kerjaan itu yang hilang hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter