-->

Makalah Prakarya dan Kewirausahaan: Kerajinan dari Kain Flanel

Kali ini, saya akan men-share makalah atau laporan prakarya dan kewirausahaan tentang kerajinan dari kain flanel. Seperti yang kita tahu bahwa kain flanel adalah bahan yang dapat dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang unik dan menarik. Berikut adalah bagian pendahuluan dari makalah ini.

A. Latar Belakang
Di Indonesia ini masih banyak orang-orang yang belum mengerti tentang prakarya dan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak layak digunakan ataupun yang masih layak digunakan. Prakarya tidak memandang sebuah karya itu jelek atau bagus.Namun, dilihat dari bentuk karya yang mempunyai ciri khas tersendiri dari karya yang lainnya. Karya yang memiliki ciri khas yang unik dan diluar pemikiran justru membuat suatu prakarya menjadi sangat bernilai.

Meskipun demikian, nilai dari sebuah kerajinan atau karya dari prakarya tidak hanya terletak pada hal-hal itu saja. Akan tetapi, nilai fungsi, nilai ekonomis, dan nilai praktis juga sangat diperhatikan dalam pembuatan sebuah karya. Sebuah karya yang hanya memiliki nilai estetika tidak akan cukup untuk membuat karya tersebut menjadi berkesan dan menakjubkan. Hal ini dikarenakan nilai estetika adalah nilai yang relatif. Relatif dalam konteks ini berarti tidak berlaku secara universal dan diakui secara sama oleh tiap individu.

Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan tentang prakarya baik secara teori ataupun praktek agar tiap siswa mengetahui dan dapat menghasilkan produk-produk yang mencakup nilai-nilai diatas. Prakarya mencakup berbagai hal seperti pengolahan, kerajinan, pemberdayaan, rekayasa, dll. Dalam laporan ini yang akan penulis bahas adalah prakarya tentang kerajinan. Kerajinan yang dibuat adalah prakarya kerajinan menggunakan kain flanel menjadi media pembuatannya. Maka dari itu, penulis membuat laporan ini untuk memberi pengetahuan teori dan praktis tentang kerajinan dari kain flanel.

B. Rumusan Masalah
1.Apa saja alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan kain flanel?
2.Bagaimana cara membuat kerajinan dari kain flanel?
3.Mengapa memilih kain flanel sebagai kerajinan?

C. Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui apa saja alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan kain flanel.
2.Untuk mengetahui bagaimana cara membuat kerajinan dari kain flanel.
3.Untuk mengetahui alasan mengapa memilih kain flanel sebagai kerajinan.

Untuk file lengkapnya, silakan unduh di link di bawah ini.


Sekian dari pos ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan dan isi, penulis mohon maaf setulus-tulusnya.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter