-->

Makalah Sosial : Ketidakadilan Menurut Syari'at Islam

Pada kesempatan kali ini, ane mau bagiin makalah sosiologi tentang ketidakadilan menurut syari'at islam. Dalam makalah ini akan dibahas bagaimana ketidakadilan terjadi dalam masyarakat, ketidakadilan secara umum, dan pastinya solusi untuk mengatasi ketidakadilan berdasarkan syari'at islam. Oke, langsung saja ini transkrip latar belakang makalahnya :

Ketika akan membahas tentang ketidakadilan kita harus mengetahui apa ketidakadilan itu. Ketidakadilan merupakan bentuk tindakan di mana seseorang bertindak tidak sesuai seharusnya, atau memberikan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuannya, atau membagi yang tidak merata kepada orang lain. Ketidakadilan itu bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa dilakukan oleh pemimpin, bawahan, rakyat biasa, atau yang lainnya.  Padahal ketidakadilan itu dilarang oleh pemerintah negara Republik Indonesia karena ketidakadilan itu tidak sesuai dengan isi dasar negara Republik Indonesia, yaitu tidak sesuai dengan isi Pancasila yang kelima yang berbunyi “ keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”. Selain dari segi pemerintahan, dari segi agama Islam, ketidakadilan juga dilarang. Dalam Islam semua orang harus diberlakukan adil, tidak boleh membeda-bedakan antar manusia yang satu dengan  manusia yang lain. Perbuatan tidak adil itu hanya akan merugikan orang lain dan pastinya orang yang ditidak adili pasti akan merasa tersakiti ataupun tidak terima dengan perlakuan itu. Sementara itu orang yang berbuat tidak adil itu hanya akan merasakan hasil dari tindakannya yang tidak baik itu dan sangat merugikan orang lain. 

Selain harus mengetahui tentang ketidakadilan, kita juga harus mengetahui juga apa itu keadilan. Keadilan berasal dari istilah adil yang berasal dari bahasa Arab. Kata adil berarti tengah, adapun pe=ngertian adil adalah memberikan apa saja sesuai dengan haknya. Keadilan berarti tidak berat sebelah, menempatkan sesuatu ditengah-tengah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, tidak sewenang-wenang. Keadilan juga memiliki pengertian lain yaitu suatu keadaan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara memperoleh apa yang menjadi haknya sehingga dapat melaksanakan kewajibannya. Sedangkan Pengertian Keadilan Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu hal yang tidak berat sebelah atau tidak memihak serta tidak sewenang-wenang. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kata adil berasal dari kata adil, adil mempunyai arti yaitu kejujuran, kelurusan, dan keikhlasan yang tidak berat sebelah. Dengan adanya keadilan hak dan kewajiban semua orang akan terlaksana dengan semestinya, sehingga bisa tercapai persatuan bangsa, juga tidak akan melanggar dasar hukum negara Indonesia dan juga Islam.

Ketidakadilan bisa terjadi dikarenakan orang yang berbuat tidak adil itu karena terpaksa, seperti jika harus mengikuti perintah dari seseorang untuk berbuat tidak adil dalam suatu keputusan agar tidak dipecat dari jabatannya yang akan menyebabkannya kehilangan pekerjaan, sehingga tidak bisa menafkahi keluarganya lagi, ataupun karena tergiur oleh uang yang akan diberikan kepadanya jika orang tersebut mau menuruti perkataannya. Selain dari godaan yang berasal dari luar, tindak ketidakadilan itu juga dapat berasal dari keinginan diri sendiri, seperti keinginan untuk memiliki semuanya, atau agar dapat memiliki kekuasaan. Tindak ketidakadilan ini sangat merugikan bagi orang lain, orang yang terkena dari imbas ketidakadilan itu dapat kehilangan kekuasaannya, atau hartanya atau bahkan nyawanya. Seperti ketika dalam pengadilan seorang hakim berbuat tidak adil dalam memberi keadilan, bisa jadi orang yang tidak bersalah mendapat hukuman yang sangat berat, sedangkan orang yang tidak bersalah malahan mendapat kebebasan yang seluas-luasnya, hanya karena si hakim di suap atau diancam agar melakukan tindakan tersebut. Tindak ketidakadilan ini masih sering terjadi di dunia ini, tidak kecuali di Indonesia.

Untuk file lengkapnya silakan lihat di bawah ini:

Tolong untuk mencantumkan sumber ketika menyalin informasi dari karya tulis ini agar tidak terkena plagiarisme....:D :D :D

                
Newer Oldest

Related Posts

1 comment

  1. The Ceramic vs Titanium-Arched Tusk - Titanium Art
    From the best titanium rainbow quartz to the best, we've created a nano titanium by babyliss pro ceramic version of our stainless steel masterpiece, The Ceramic, designed to withstand trekz titanium pairing the stresses of titanium bars the $34.95 · microtouch titanium ‎In stock

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter